Kamis, 06 Desember 2018

Materi Aqidah Akhlak SD kelas 6 : BAB IV Akhlak Terpuji

Akhlak Terpuji
1.      Tanggung Jawab
Pengertian tanggung jawab adalah keadaan dimana wajib menanggung segala sesuatu, sehingga berkewajiban menanggung, memikul jawab,menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Adapun tanggung jawab secara definisi merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.
     Tanggung jawab bersifat kodrati, yang artinya tanggung jawab itu sudah menjadi bagian kehidupan manusia bahwa setiap manusia dan yang pasti masing-masing orang akan memikul suatu tanggung jawabnya sendiri-sendiri. Apabila seseorang tidak mau bertanggung jawab, maka tentu ada pihak lain yang memaksa untuk tindakan tanggung jawab tersebut.
2.      Adil
Adil adalah dimana suatu sifat yang mana dalam kehidupan sehari-hari membagi sesuatu sama rata. Seseorang yang adil akan memperlakukan seseorang dengan baik tanpa ada seorangpun yang merasa iri atau pilih kasih. Contohnya, suatu ketika Ria diberi kue oleh ibunya, ia disuruh membagi kue tersebut dengan adik dan seorang teman adiknya, nah disini Ria harus adil membagi kuenya. Ria tidak boleh memberi kue lebih banyak kepada adiknya ketimbang kepada teman adiknya tersebut.
     3. Bijaksana
   Bijaksana adalah dimana sikap seseorang yang dalam mengambil keputusan dengan tepat dan benar. Sikap dimana tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan serta mengetahui mana yang baik dan yang buruk. Seperti contoh seorang hakim dalam mengambil keputusan, dia harus tau mana yang benar dan mana yang salah dan tanpa ragu-ragu dalam menjatuhkan sansi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar