Sabtu, 01 Desember 2018

Materi IPA SD kelas 6 : BAB II Perkembangbiakan Makhluk Hidup


  • Pertumbuhan dan Perkembangan pada Manusia
    Kamu pasti pernah melihat tanaman yang awalnya kecil kemudian kelamaan menjadi semakin besar. Peristiwa itu disebut pertumbuhan. Manusia juga mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan merupakan perubahan dari kecil menjadi besar dan tinggi, disertai pertambahan berat. Kamu akan mengalami pertumbuhan mulai dari bayi-kanak-kanakremaja-dewasa-dan akhirnya tua. Pertumbuhan tersebut biasanya disertai dengan perubahan sikap, perilaku,dan gejala-gejala lainnya.

      Selain mengalami pertumbuhan, manusia juga mengalami perkembangan. Ciri-ciri perkembangan pada manusia contohnya adalah perubahan fisik pada laki-laki dan perempuan. Bagi anak-anak yang telah memasuki usia 12-17 tahun digolongkan sebagai remaja. Pada remaja akan terjadi perubahan tubuh yang jelas pada dirinya.Perubahan ini dikenal dengan sebutan masa puber.
Secara umum perubahan yang tampak adalah anak tersebut semakin cepat besar serta tumbuhnya rambut pada ketiak dan daerah kemaulan. Pada anak laki-laki akan terjadi perubahan suara,tumbuhnya kumis, dan jakun. Pada anak perempuan payudaranya tumbuh dan terjadi datang bulan(haid).

  • Ciri Perkembangan Fisik pada Manusia

Coba perhatikan anggota keluargamu. Anggota keluargamu ada yang laki-laki dan ada yang perempuan. Usia anggota keluargamu berbedabeda. Ada yang masih anak-anak, remaja, dewasa, dan ada yang sudah tua. Ukuran tubuhmu juga berbeda dengan anggota keluarga lainnya.
Secara fisik, laki-laki dan perempuan juga berbeda. Apa perbedaannya? Agar lebih jelas, kamu dapat mempelajari pembahasan di bawah ini.
1.         Perkembangan Fisik pada Anak Laki-laki
Saat berusia sekitar 12-17 tahun, kamu memasuki masa remaja. Masa remaja sering disebut masa puber (pubertas). Pubertas ditandai dengan adanya perubahan-perubahan fisik. Perubahan fisik pada anak laki-laki, antara lain:
a.        Suara menjadi besar (berat)
b.       Tumbuh kumis, janggut, dan cambang
c.        Tumbuh rambut di ketiak dan pangkal paha
d.       Tumbuh jakun di leher
e.       Bahu lebih lebar sehingga dada membidang
f.          Pertumbuhan pada organ kelamin yang diikuti kematangan organ reproduksi
2.         Perkembangan Fisik pada Anak Perempuan
Perkembangan fisik anak perempuan, meliputi:
a.        Suara menjadi lebih nyaring
b.       Organ reproduksi mulai menghasilkan sel telur, ditandai dengan datangnya haid atau menstruasi
c.        Payudara mulai berkembang
d.    Tumbuh rambut di ketiak dan pangkal paha
e.    Kulit menjadi lebih halus

  • Perkembangbiakan Tumbuhan
Semua makhluk hidup di alam ini melakukan perkembangbiakan. Pernahkah kamu memperhatikan tumbuhan dan hewan yang ada di sekitar lingkunganmu? Pertambahan jumlah hewan dan tumbuhan terjadi melalui proses perkembangbiakan. Berkembang biak adalah terbentuknya individu baru yang sama jenisnya dengan individu yang menghasilkannya. Contohnya seekor induk ayam menghasilkan anak ayam. Tujuan perkembangbiakan yaitu untuk mempertahankan jenisnya agar tidak punah. Tumbuhan dibedakan menjadi tumbuhan berbiji dan tumbuhan tidak berbiji.
1.         Perkembangbiakan Tumbuhan Berbiji
Perkembangbiakan pada tumbuhan berbiji dapat terjadi dengan dua cara, yaitu:  a.     secara kawin (generatif); b. secara tak kawin (vegetatif)

a.         Perkembangbiakan generatif
Perkembangbiakan generatif terjadi pada tumbuhan yang mempunyai bunga. Perkembangbiakan generatif diawali dengan proses penyerbukan. Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari di atas kepala putik. Penyerbukan diikuti dengan pembuahan. Proses pembuahan merupakan perkembangan bakal buah menjadi buah dan biji.
Bagian-bagian bunga:
1.        Dasar bunga
2.        Kelopak bunga
3.        Mahkota bunga
4.     Putik.  Putik berfungsi sebagai alat kelamin betina. Putik terdiri dari bakal buah, bakal biji, tangkai putik, dan kepala putik.
5.     Benang Sari. Benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan.  Benang sari terdiri dari kepala sari dan tangkai sari.
Penyerbukan terdiri dari 4 jenis, yaitu :
1. Penyerbukan Sendiri. Jika serbuk sari yang jatuh di atas kepala putik berasal dari bunga yang sama.
2. Penyerbukan Tetangga. Jika serbuk sari yang jatuh di atas kepala putik berasal dari bunga yang berbeda tetapi masih satu tanaman.
3. Penyerbukan Silang. Jika serbuk sari yang jatuh di atas kepala putik berasal dari tanaman yang berbeda tetapi masih satu jenis.
4. Penyerbukan Bastar. Jika serbuk sari yang jatuh di atas kepala putik berasal dari tanaman yang berbeda, masih satu jenis tapi beda varietas.
Umumnya penyerbukan pada bunga dibantu oleh serangga, misalnya lebah dan kupu-kupu.Tanaman yang penyerbukannya dibantu oleh serangga biasanya memiliki mahkota bunga berwarna cerah.
Warna mahkota bunga yang indah berfungsi untuk menarik perhatian serangga. Selain itu, tanaman juga memiliki kelenjar madu yang merupakan makanan bagi serangga. Perantara penyerbukan lainnya yaitu manusia dan angin. Tanaman yang penyerbukannya dibantu oleh manusia, misalnya Vanili. Sedangkan tanaman yang penyerbukannya dibantu oleh angin, misalnya tanaman jagung dan rumput-rumputan. Tanaman jagung dan rumput-rumputan memiliki serbuk sari yang banyak, kecil, dan ringan. Serbuk sarinya yang ringan mudah diterbangkan oleh angin.
b.         Perkembangbiakan vegetatif                                                               
Perkembangbiakan secara vegetatif merupakan perkembangbiakan secara tak kawin. Perkembangbiakan ini dapat terjadi secara alami dan buatan.
1) Perkembangbiakan vegetatif alami
    (a)  Tunas
Perkembangbiakan pada pisang terjadi dengan tunas. Batang yang ada di dalam tanah akan membentuk tunas. Contoh lain tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas adalah bambu dan tebu.

            (b) Tunas daun
Tunas pada cocor bebek merupa kan tunas daun. Tunas ini tumbuh pada ketiak daun. Tunas daun juga terdapat pada kaktus.
            (c) Umbi lapis
Umbi lapis merupakan umbi yang berlapis-lapis dan tumbuh tunas di tengahnya. Umbi lapis baru yang berasal dari ketiak terluar akan tumbuh membentuk tunas. Tunas ini disebut siung. Contohnya bawang merah.

     (d) Umbi batang
Perkembangbiakan pada umbi batang misalnya terdapat pada kentang dan ubi jalar. Tunas dapat tumbuh pada beberapa tempat (pada mata tunas).
            (e)  Umbi akar
Umbi akar merupakan bagian akar yang membesar karena berfungsi sebagai tempat cadangan makanan. Umbi akar dapat tidak mempunyai tunas dan tidak berbuku-buku. Tanaman yang berkembang biak dengan umbi akar,  misalnya wortel, dahlia, dan singkong.
           (f)   Akar tinggal (rhizoma)
Perkembangbiakan dengan akar tinggal mirip dengan tunas. Tunas pada akar tinggal merupakan batang yang tumbuh mendatar di permukaan tanah. Ciri akar tinggal adalah bentuknya mirip akar, tetapi berbuku-buku seperti batang. Contohnya terdapat pada kunyit, lengkuas, dan temulawak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar